Arsitektur dan Lingkungan

Senin, 18 Oktober 2010

Pabrik

Pabrik adalah suatu bangunan industri besar di mana para pekerja mengolah benda atau mengawasi pemrosesan mesin dari satu produk menjadi produk lain, sehingga mendapatkan nilai tambah. Kebanyakan pabrik modern memiliki gudang atau fasilitas serupa yang besar yang berisi peralatan berat yang digunakan untuk lini perakitan. Pabrik mengumpulkan dan mengkonsentrasikan sumber daya pekerja, modal, dan mesin industri.

Industry pabrik semen

Semen adalah merupakan hasil industri dari paduan berbagai sumber daya alam seperti batu kapur/gamping sebagai bahan utama dan lempung/tanah liat atau bahan pengganti lainnya dengan hasil akhir berupa padatan berbentuk bubuk, yang dapat mengeras atau membatu pada pencampuran dengan air.

Peningkatan industri semen di dalam negeri sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemakaian semen meningkat sesuai dengan peningkatan pembangunan di sektor pemerintah maupun swasta, seperti pembangunan prasarana jalan dan jembatan, perumahan, gedung-gedung bertingkat, bendungan, irigasi dan bangunan lainnya.

Dampak positif dibangunnya pabrik semen membuka lapangan pekerjaan baru, juga akan mampu menggerakan roda perekonomian di wilayah tersebut, menaikan pendapatan Negara atas ekspor pajak cukai.

Dampak negatif dibangunnya pabrik semen debu(Debu yang dihasilkan pada waktu pengadaan bahan baku dan selama proses pembakaran), kebisingan(mesin besar dan alat tranportasinya), cemaran air(Kualitas air bertambah buruk akibat limbah cair dari pabrik dalam bentuk minyak dan sisa air dari kegiatan penambangan), cemaran udara(mengakibatkan naiknya temperatur udara di sekitar pabrik, bahkan dapat menimbulkan penyakit).






0 komentar:

Posting Komentar